fuad@uinbukittinggi.ac.id +62 857-6566-0001

Komunikasi dan Penyiaran Islam S1

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Puji dan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT beserta salawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW atas tersedianya Website ini. Website ini menyediakan berbagai informasi seputar Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) yang diharapkan dapat menjadi fasilitas penyedia informasi yang efektif dan efisien bagi semua pihak yang membutuhkan informasi tentang Prodi KPI.

Informasi yang termuat pada laman ini  dimulai dari Visi dan Misi Prodi KPI, Tujuan Prodi KPI, Kurikulum, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh Program Studi dan kegiatan mahasiswa Prodi KPI. Semoga laman ini dapat memberikan informasi dan manfaat yang besar bagi seluruh pihak dan civitas akademika dalam rangka memajukan Prodi KPI dan mewujudkan cita-cita untuk menjadi Prodi yang unggul dalam pengkajian dan pengembangan keilmuan Komunikasi dan Peyiaran Islam.

Selamat menggunakan.

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Ketua Program Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)

Yusuf Afandi, M.Sos

 

VISI :
Menjadi Pusat Pembelajaran dan Pengembangan Ilmu Dakwah dan Komunikasi yang Integratif, Unggul, Terdepan di Tingkat Nasional, Regional dan Internasional pada tahun 2027

MISI :

  1. Melaksanakan pembelajaran ilmu dakwah dan komunikasi secara integratif serta memacu, daya kreatif dan inovatif
  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian ilmu dakwah dan komunikasi yang integratif untuk kepentingan akademik dan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat kepada masyarakat berbasis dakwah dan komunikasi
  4. Meningkatkan kerjasama dengan pihak lain dalam rangka peningkatan kualitas tridarma perguruan tinggi di program studi komunikasi dan penyiaran Islam

Tujuan Prodi

Tujuan Umum dari prodi KPI yaitu menghasilkan sarjana yang berwawasan islami, berakhlak mulia dan terampil dalam bidang dakwah dan komunikasi

Tujuan khusus dari prodi KPI adalah :

  1. Terwujudnya SDM yang berkualitas dan berdaya saing dalam bidang dakwah secara professional
  2. Menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang public speaking dan public relation
  3. Menghasilkan jurnalis yang handal dan berkompeten dalam bidang jurnalistik.
  4. Menghasilkan lulusan yang professional dalam bidang penyiaran, fotografi dan videografi.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu mengelola produksi radio, televisi dan film
  6. Menghasilkan lulusan yang memilki jiwa enterprneurship dalam bidang dakwah dan komunikasi.
  7. Menghasilkan lulusan yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai dakwah dan komunikasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  1. Mampu beradaptasi dalam situasi dan dinamika social, budaya dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Kompetensi Program Studi

Kompetensi Utama

No Profil Lulusan Deskripsi Profil Lulusan
1 Akademisi bidang Komunikasi dan dakwah Islam Sarjana sosial yang ahli dan konsen di bidang komunikasi (dan dakwah) Islam serta turut mengembangkan ilmu komunikasi dalam rangka dakwah Islam
2 Praktisi Komunikasi Dakwah Sarjana sosial yang ahli dan konsen menggunakan prinsip-prinsip ilmu komunikasi (dan dakwah) Islam dalam rangka dakwah Islam
3 Jurnalis atau Boadcaster Sarjana sosial yang ahli dan konsen di bidang jurnalistik atau broadcasting sebagai salah satu jalan untuk menyiarkan Islam melalui media massa

Selanjutnya dijabarkan dalam penjelasan berikut :

NO Unsur Kualifikasi Kerja Deskripsi Generik Deskripsi Spesifik
1 Kemampuan Kerja Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

 

 

1.  Mampu menguasai bidang penyiaran, sinematografi, fotografi, shooting, editing, dubbing, jurnalis, broadcaster, film maker, announcer, advertiser, publisist, professional media relations dan lainnya dalam kerangka kegiatan komunikasi dan penyiaran Islam.

2. Mampu mengelola produksi siaran radio/televisi, media cetak dan media on line.

3. Mampu memiliki orientasi profesi yang terkait dengan aspek teknis hubungan publik dan komunitas (public and community relation technical framework) misalnya Event Organizer, Public Relations Officer (PRO), Media Relations Officer, dan lain-lain.

4. Mampu menjadi advokasi dan kebijakan media komunikasi (advocacy and policy of media and communication chanel framework) misalnya analis isi media massa, aktivis advokasi media, pembuat kebijakan dan lain-lain.

5. Mampu mengelola literasi informasi (information literacy mainstreaming Framework) misalnya, trainer,  juru penerang, dan lain-lain.

6. Mampu menjadi dai professional misalnya, mubaligh, orator, penulis buku-buku Islami dan lain-lain.

7. Mampu dan berkelayakan menciptakan karya-karya kreatif dalam industri media seperti spot iklan radio dan televisi, desain grafis untuk media cetak dan on line, film film pendek dan dokumenter yang bernuansa Islami

8. Mampu mengimplementasikan enterpreneurship dalam bidang media komunikasi dan penyiaran Islam serta kehumasan

9. Mampu beradaptasi dalam situasi dan dinamika sosial, budaya dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

2 Penguasaan Pengetahuan Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara prosedural

 

1. Memiliki pengetahuan dasar dalam bidang komunikasi, penyiaran, dakwah, dasar-dasar tabligh, Public Relations baik dalam bentuk teoritik dan empirik.

2. Menguasai materi dakwah (kajian Al-Quran, hadis, ilmu kalam, ushul fikih dan fikih),

3. Menguasai pengetahuan bidang penyiaran, public speaking, programmer media komunikasi dan penyiaran Islam.

4. Menguasai pengetahuan bidang kehumasan, MC, Keprotokolan, perancangan dan desain agenda

5. Mampu memformulasikan penyelesaian masalah sosial keagamaan secara prosedural terkait dengan kegiatan komunikasi dan penyiaran Islam dalam masyarakat

3 Kemampuan Manajerial Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok

 

1. Mampu menganalisis dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan data dan informasi terkait dengan penyusunan dan pengembangan program media komunikasi dan penyiaran Islam yang up to date dan secara kreatif menciptakan produksi siaran sesuai kode etik keahlian masing-masing.

2. Mampu memberikan berbagai alternatif rujukan terhadap perkembangan media komunikasi dan penyiaran Islam yang tepat dan relevan.

3. Mampu menjadi mediator dalam kerangka memfasilitasi terjadinya komunikasi antar pihak-pihak yang berselisih paham berkaitan dengan kegiatan penyiaran Islam dan penyampaian informasi dunia Islam.

4 Tanggung jawab Manajerial Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi

 

1. Bertanggung jawab atas   penyelenggaraan dan pemanfaatan media komunikasi dan penyiaran Islam dan bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan kepada yang lebih berwenang dalam urusan penyiaran Islam ketika terjadi masalah yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut.

2. Bertanggung jawab dan dapat diberi tanggung jawab baik secara mandiri maupun kolektif untuk membuat laporan pelaksanaan program komunikasi dan penyiaran Islam serta kehumasan yang dikelola.

3. Mampu bekerjasama secara konstruktif dalam pencapaian hasil kerja organisasi.

“Tenaga Pendidik”

 

 

 

No.

 

 

Nama Dosen

 

 

 

NIDN/NIDK

Pendidikan Pasca Sarjana  

 

Bidang Keahlian

 

 

Kesesuaian dengan Kompetensi Inti PS

 

 

Jabatan Akademik

 

 

Sertifikat Pendidik Profesional

 

 

Sertifikat Kompetensi/ Profesi/ Industri

 

Mata Kuliah yang Diampu pada PS yang Diakreditasi

Kesesuaian Bidang Keahlian dengan Mata Kuliah yang

Diampu

 

Mata Kuliah yang Diampu pada PS Lain

 

Magister/ Magister Terapan/ Spesialis

 

Doktor/ Doktor Terapan/ Spesialis

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
 

1

 

Nunu Burhanuddin

 

150316215

Pemikiran Islam UIN Bandung Pemikiran Islam S3 UIN

Jakarta

 

Pemikiran Islam

 

V

 

Lektor Kepala

 

092104402718

 

0

 

Akhlak Tasawuf

 

V

 

Filsafat Ilmu

 

2

 

Junaidi

 

150326342

Manajemen Pendidikan UNP Ilmu Pendidikan S3 UNP

Padang

Metodologi Penelitian Komunikasi  

V

 

Lektor Kepala

 

102104406960

 

0

Metodologi Penelitian Komunikasi  

V

Metodologi penelitian komunikasi
 

3

 

Syafwan Razi

 

2008107702

Pemikiran Islam UIN Padang Pendidikan Islam S3 UIN

Bandung

 

Studi Agama

 

V

 

Lektor Kepala

 

102104406964

 

0

 

Studi Agama Kontemporer

 

V

 

Perbandingan Agama

 

 

4

 

 

Silfia Hanani

 

 

150292509

Sosiologi Universitas Kebangsaaan Malaysia  

Sosiologi UKM

Malaysia

 

Metodologi Penelitian Komunikasi

 

 

V

 

Lektor Kepala

 

 

102104406955

 

 

0

 

Metodologi Penelitian Komunikasi

 

 

V

 

Sosiologi Gender

 

5

 

Darul Ilmi

 

2,01E+09

Universitas Negeri Padang Universitas Negeri Padang  

Metodologi Penelitian

 

V

 

Lektor

 

102104406958

 

0

 

Metodologi Penelitian

 

V

 

Metodologi penelitian

 

 

6

 

 

Yusuf Afandi

 

 

2030108901

 

PMI S2 UIN

Imam Bonjol Padang

 

 

0

Komunikasi dan Penyiaran Islam  

 

V

 

Asisten Ahli

 

 

0

 

 

0

Pengantar Ilmu Dakwah, Metode Dakwah  

 

V

 

 

0

 

 

7

 

 

Desi Syafriani

 

 

2006127801

 

PMI S2 UIN

Imam Bonjol Padang

 

 

0

 

Komunikasi dan Penyiaran Islam

 

 

V

 

 

Asisten Ahli

 

 

0

 

 

0

Komunikasi Massa, Public Relation, Public Speaking, Retorika  

 

V

 

 

0

 

 

 

8

 

 

Tomi Hendra

 

 

2005038801

 

PMI S2 UIN

Imam Bonjol Padang

 

 

0

 

Komunikasi dan Penyiaran Islam

 

 

V

 

 

Asisten Ahli

 

 

0

 

 

0

Produksi Siaran Radio, Pengantar Teknik Penyiaran,  

 

V

 

 

0

 

 

9

 

Muhamad Fajri

 

 

 

2022078801

 

PMI S2 UIN

Imam Bonjol Padang

 

 

0

Komunikasi dan Penyiaran Islam  

 

V

 

Asisten Ahli

 

 

0

 

 

0

Fotografi, Sinematografi, Psikologi Dakwah  

 

V

 

 

0