fuad@uinbukittinggi.ac.id +62 857-6566-0001

FUAD UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi Melaksanakan MoA dengan LPMQ Balitbang Diklat Kemenag RI.


FUAD UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi Melaksanakan MoA (Momerandum of Aggrement) dan Menjalin Kemitraan dengan LPMQ (Lembaga Pentashihan Mushaf Al-Qur’an) Balitbang Diklat Kemenag RI. Acara ini dilaksanakan pada Rapat Koordinasi Kebijakan Balitbang dan Diklat dalam Memperkuat Kemitraan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) dan Kajian Al-Qur’an yang digelar oleh LPMQ Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia di Travello Hotel Bandung tanggal 1-3 Maret 2023. Kegiatan ini diikuti sebanyak 31 orang peserta yang merupakan Dekan utusan Fakultas Ushuluddin di lingkungan PTKIN se-Indonesia.

Acara dibuka langsung oleh Prof. Dr. Amien Suyitno, M.Ag., Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Kepala Badan menegaskan tentang perlunya memperkuat kemitraan dengan kampus. Disampaikan bahwa kita mempunyai aset tetapi tidak dijual secara masif. Kita juga memiliki produk yang langsung dirasakan oleh masyarakat. Namun, kita baru bekerja untuk kita sehingga harus kita evaluasi. Apakah yang kita lakukan sudah untuk publik. Yang kita lakukan masih dari kita untuk kita belum untuk publik. Apa yang dilakukan harus dari kita untuk umat dan publik dapat merasakan kemanfaatan. Misalnya kita punya lembaga pentasihan Al-Qur’an pertama di Indonesia.

Pada kesempatan ini ditayangkan video Outlook Kemenag Tahun 2023 dan Video Qur’an Isyarat. Video outlook bertajuk “Menyintas di tengah badai tantangan dan dinamika keagaman.” Terkait hal itu agenda Kemenag di antaranya akselerasi moderasi agama, advokasi rumah ibadah, peningkatan kompetensi, sertifikasi produk halal, layanan jamaah, inovasi, tranformasi kelembagaan dan keagamaan, profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN), dan akselerasi layanan keagamaan.

Video Qu’an Isyarat menayangkan kiprah LPMQ dalam memberikan perhatian kepada penyandang disabilitas. LPMQ membuat produk nyata berupa Qur’an Isyarat bagi penyandang disabilitas.

Pada hari Kamis, 2 Maret 2023, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T., Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI menyampaikan materi dengan tema “Daya Saing Fakultas Ushuluddin di Era Disrupsi.” Dirjen menyampikan bahwa esensi kehadiran IAIN dan UIN untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. IAIN dan UIN harus menjadi soko guru. Terkait hal ini, Fakultas Ushuluddin adalah fondasi yang harus kokoh. Orang Barat konsepnya adalah revolusi industri di mana pemicu peradaban adalah temuan sehingga kehidupan menjadi terganggu atau terdisrupsi oleh teknologi. Sementara konsep orang Timur, khususnya Jepang manusia itu dibantu teknologi. Teknologi untuk memudahkan perkejaan manusia hingga tercipta peradaban. Fakultas Ushuluddin harus mampu mengisi ruang perbedaan paradigma ini dengan menjalankan pusat-pusat penelitian. Selain itu dingkapkan bahwa titik temu praktisi dan akademi, dia tidak mengambang, tapi membumi. Dirjen berpesan bahagiakan semua orang melalui eksistensi ilmu Ushuluddin.

Materi berikutnya adalah “Sinergitas Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN)” yang disampaikan oleh H. Abdul Aziz Sidqi, M.A. Kepala LPMQ. Dan materi “Urgensi Pentashihan dalam Menjaga Otentisitas al-Qur’an” oleh H. Deni Hudaeny Ahmad Arifin, Lc., MA., Pentashihan Mushaf AlQur’an. Serta materi “SOP Pentashihan Mushaf alQur’an” oleh Dr. Fahrur Rozi, MA., Pentashihan Mushaf AlQur’an.

H. Abdul Aziz Sidqi, M.A., menyatakan bahwa sangat dekat LPMQ dengan Fakultas Ushuluddin khususnya program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT). Disebutkan bahwa pentashih merupakan satu-satunya layanan di Indonesia sebagai fungsional yang hafal al-Qur’an dan mengerti ulumul Qur’an. Kami mengusulkan kemitraan antara akademisi Fakultas Ushuluddin dengan praktisi LPMQ. Aspek tafsir sudah banyak tetapi yang khusus mengkaji ilmu langka perlu Kerjasama. Tugas dan fungsi di LPMQ antara lain pengkajian Al-Qur’an dan pengembang Al-Qur’an. Selain itu, LPMQ juga mempunyai lokasi layanan publik, yaitu Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQMI) di di Taman Mini. Di situ terdapat koleksi-koleksi replika naskah Al-Qur’an sampai replika kebudayaan Islam.

Dr. Syafwan Rozi, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah UIN SMDD Bukittinggi Bersama dekan-dekan Ushuluddin/FUAD/FUSA/FUAH PTKIN se-Indonesia, beterima kasih telah diundang untuk kerja sama. Dituturkan bahwa para dekan sangat antusias karena banyak program di LPMQ yang dapat dikerjasamakan. Di antaranya memberikan pelatihan, magang, dan menjadi fungsional petashihan Al-Qur’an. :Untuk itu, bersama anggota Forum Dekan Ushuluddin lainnya, ia berharap penandatanganan MoA antara LPMQ dan Fakultas Ushuluddin PTKIN se-Indonesia ini bisa ditindaklanjut dengan aksi dan agenda selanjutnya.”

Leave a Reply

daftar situs terpercaya slot server thailand https://luminosacare.com/wp-content/uploads/ deposit 25 bonus 25 slot deposit pulsa xl pkv games pkv games domino99 slot deposit indosat domino99 dominoqq akun pro filipina akun pro jepang akun pro lebanon akun pro monaco akun pro taiwan pkv games bandarqq pkv games pkv games pkv games dominoqq slot dana 5000 deposit 25 bonus 25 depo 20 bonus 20 pkv games pkv games dominoqq pkv games pkv games dominoqq bandarqq pkv games bandarqq dominoqq dominoqq bandarqq pkv dominoqq bandarqq pkv pkv games pkv games bandarqq pkv pkv games slot deposit pulsa pkv games qq online qq dominoqq pkv games bandarqq pkv games qq pkv games pkv games bandarqq pokerqq pkv games bandarqq dominoqq pkv games dominoqq bandarqq pkv games dominoqq bandarqq Depo 25 Bonus 25 bocoran slot dominoqq pola slot dominoqq pkv games dominoqq