fuad@uinbukittinggi.ac.id +62 857-6566-0001

Mahasiswa AFI UIN Bukittinggi: Raih Best Presenter Konferensi Internasional di Palembang

BUKITTINGGI, – Mahasiswa Prodi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi berhasil dinobatkan sebagai Best Presenter pada “The 2nd Ushuluddin International Student Conference” (UInSCof) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang pada Rabu, (25/10/2023).

UInSCof merupakan koferensi mahasiswa Ushuluddin International bertemakan, “The Dynamic of Student Religiosity in a Context of Socio-Cultural Academia”. Dihadiri para intelektual dari Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

Acara selama 13 hari tersebut dilaksanakan secara hybrid, dimulai 12 Oktober 2023.Setiap peserta mengirimkan abstrak paper, dan bagi abstrak yang lulus seleksi diharuskan mengirimkan fullpaper dalam rentang waktu 13-23 Oktober 2023, dan masing-masing peserta diberi kesempatan untuk mempresentasikan paper-nya saat acara puncak berlangsung pada 25 Oktober 2023. Setiap peserta tampil mempresentasikan paper-nya selama lima menit. Ada sebanyak 94 Presenter dari berbagai jurusan Ushuluddin yang ikut serta dalam konferensi tersebut.

Utusan AFI UIN Bukititnggi, Azkia Rahmi tampil mempresentasikan paper dengan judul “Ekosufisme: Pendekatan Sufistik dalam Merespon Krisis Lingkungan Global”. Paper tersebut hasil kolaborasi dengan dosen AFI, Dr. Zulfan Taufik, M.A. Hum.

Intisari paper-nya tentang bagaimana ekosufisme menjadi salah satu upaya mengatasi krisis lingkungan. Terdapat tiga konsep sufi tentang alam yang paling relevan dengan tema etika lingkungan yakni; alam sebagai berkah, alam sebagai ayat, dan alam sebagai mi’raj. Pendekatan ini diharapkan mampu mengubah worldview manusia modern yang antroposentris menjadi manusia yang spiritualis dan sebagai basis etis manusia dalam “bergaul” dengan lingkungan alam. (MF)