Dr. GAZALI, M.Ag SAMPAIKAN MAKALAH DI KONFERENSI NASIONAL UIN-UIN SE-INDONESIA

Gazali yang jeblosan UIN Jakarta pada tahun 2009 berkesempatan hadir pada KONFERENSI NASIONAL UIN-UIN SE-INDONESIA di Ciputat Jakarta. Pada kesempatan tersebut, di samping bersilaturrahmi,  DEKAN FUAD IAIN Bukittinggi ini juga menyampaikan makalah yang bertajuk” HALAL TOURISM; Revitalisasi Komplek Makam Sebagai Potensi Wisata Halal”.

Potensi wisata religi dan halal di Indonesia sangat besar dalam meningkatakan perekonomian masyarakat yang berada di sekitar situs-situs religi, seperti komplek makam. Tradisi keberagamaan muslim Indonesia yang menjadikan ziarah bagian dari ritual keagamaan menghendaki resourseces kearah itu bergerak dengan cepat dan perlu mendapat perhatian yang serius. Di antara resourseces tersebut adalah biro perjalan yang masih dikelola secara tradisional dan berbentuk perseorangan, kebersihan lokasi wisata yang perlu penaganan yang serius dari pengelola situs dan dukungan dari seluruh stakeholder terhadap potensi ekonomi keumatan yang sangat menarik bagi wisatawan dari negeri jiran seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

Kehadiran Pak Imam, sebagaimana ia sering disapa di kalangan koleganya di IAIN Bukittinggi tidak lepas dari perjuangannya dalam ajang kompetisi selected paper yang diadakan oleh Panitia Konferensi terhadap Makalah-makalah yang dikirimkan oleh seluruh alumni UIN Jakarta yang jumlahnya hamper ribuan di seluruh Indonesia.

Kegiatan Konferensi yang digelar selama tiga hari tersebut dihadiri oleh seluruh alumni UIN Jakarta yang berkesempatan hadir di Kampus II UIN Ciputat Jalan Kerta mukti Pisangan. Pada hari pertama dilaksanakan sesi Panel Paper, hari kedua silaturrahmi antar angkatan alumni UIN dan hari ketiga city tour yang diawali dengan mengunjungi Perpustakaan Nurcholish Madjid di liingkungan UIN Jakarta.

Leave a Reply