fuad@uinbukittinggi.ac.id +62 857-6566-0001

Pembukaan Perkuliahan Semester Ganjil, FUAD ‘Bergelimang’ Penghargaan

Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) seluruh angkatan tampak memenuhi lapangan di depan Rektorat Lama pada pagi Senin, 20 Agustus 2018.  Di hadapan barisan mahasiswa, terlihat barisan pejabat fakultas, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan di selingkaran FUAD. Diterpa matahari pagi dataran tinggi yang lembut, berlangsung acara pembukaan perkuliahan semester ganjil 2018.

Pada kesempatan itu, Dekan FUAD, Dr. Gazali, MA, dalam sambutannya di antaranya menyampaikan, khususnya kepada mahasiswa baru, untuk tekun dan bersungguh-sungguh dalam belajar atau mengikuti perkuliahan. “Manjadda wa jadda!” kata Gazali menyitir salah satu pepatah Arab yang terkenal.

Sementara Wakil Dekan I, Dr. Darul Ilmi, M.Ag., menyampaikan nasihat kepada seluruh mahasisiwa agar bersikap dan berprilaku sesuai kode etik yang ada ,termasuk dalam hal cara berpakaian. “Berpakaianlah seperti mahasiswa berpakaian, bukan seperti selebritis atau orang pergi ke pesta,” kata Darul Ilmi, yang juga merupakan seorang mubalig kondang Sumatra Barat itu.

Pada saat yang bersamaan, mengawali perkuliahan semester ganjil ini, FUAD juga memberikan penghargaan untuk mahasiswa yang memiliki IP tertinggi pada tiap prodi. Dari yang terpilih kemudian dipilih satu yang tertinggi dari keseluruhan prodi.  Penghargaan, yang dibacakan Kabag FUAD, Sasmiarti, S.Ag., SIP, juga diberikan kepada tenaga kependidikan yang dianggap berprestasi dan berdedikasi selama, penghargaan tersebut diberikan kepada Desrina S.Ag., Kasubag Akama FUAD. “Penghargaan ini sebagai pemacu semangat untuk terus berprestasi,” kata Sasmiarti.

FUAD sendiri terdiri dari 6 program studi: Ilmu Alquran dan Tafsir, Ilmu Hadis, Sosiologi Agama, Sejarah Peradaban Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, dan Filsafat Agama yang telah secara resmi berganti nama menjadi Akidah dan Filsafat Islam. Jumlah mahasiswa FUAD baru tercatat 342 orang, meningkat hampir dua kali lipat jumlah mahasiswa tahun sebelumnya.

(Reported by DA/Hasbi)

Leave a Reply