Prodi KPI Raih Predikat Unggul

Prodi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi meraih perdikat unggul berdasarkan keputusan BAN-PT tanggal 15 November 2022. Sebagaimana diketahui, berdasarkan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020, Akreditasi Perguruan Tinggi tidak lagi menggunakan model A, B, dan C. Dalam peraturan tersebut BAN PT telah mengeluarkan Regulasi IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 yang merupakan instrumen terbaru untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi pada Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. Satu perubahan pada Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 adalah istilah peringkat akreditasi atau peringkat terakreditasi menjadi Unggul, Baik Sekali dan Baik atau Tidak Terakreditasi.

Prof. Dr. Ridha Ahida, M.Hum menyatakan bahwa hasil akreditasi ini merupakan bukti kesungguhan UIN Bukittinggi, khususnya prodi S1 KPI dalam meningkatkan mutu pendidikan dan terus mengembangkan potensi lulusan yang bermutu dan bertalenta. Capaian predikat ini melonjak beberapa level dari predikat sebelumnya, menunjukkan prodi KPI tidak main-main dalam mempersiapkan amunisi tempur yang menjadi bekal kesuksesan penilaian dari BAN-PT.

“Predikat Unggul ini merupakan penyemangat dan motivasi kita semua untuk selalu menjaga kualitas program studi yang ada di instansi kita. Mari kita pertahankan dengan terus meningkatkan kualitas guna mencetak lulusan yang kompeten sesuai dengan visi dan misi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Semoga kita tetap Amanah menjaga kepercayaan masyarakat melalui kualitas mutu Pendidikan yang terus dikembangkan,” tuturnya.

Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Dr. Nunu Burhanuddin, Lc., M.Ag turut menyampaikan bahwa capaian Akreditasi Unggul ini terwujud berkat keringat, kerja keras dan dukungan semua pihak. Tidak lupa Dekan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor, Para Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, LPM, LP2M, UPT Perpustakaan, UPT TIPD, Dosen, Stakeholder, Karyawan serta mahasiswa Prodi S1 KPI yang turut terlibat hingga mendapatkan capaian akreditasi Unggul ini. Akreditasi ini merupakan predikat Unggul pertama yang diraih Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Sebuah berkah dari kerja keras yang patut disyukuri.

Leave a Reply