fuad@uinbukittinggi.ac.id +62 857-6566-0001

Pengabdian HMPS ILHA di MAN 2 Tanah Datar, Sosialiasikan Pentingnya Ilmu Hadis di Tengah Masyarakat


Salah satu tugas akademik yang disebutkan di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melakukan pengabdian masyarakat dosen di sejumlah daerah. Selama kegiatan pengabdian ini biasanya dosen dan sejumlah mahasiswa melakukan beragam kegiatan. Dalam menjalankan itu, Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah UIN SMDD melaksanakan pengabdian di MAN 2 Tanah Datar pada hari kamis (27/01) yang berkolaborasi dengan dosen prodi ilmu hadis, pada kesempatan ini didampingi oleh Ilham Mustafa, MA dosen prodi ilmu hadis.
Wakil Kepala Sekolah MAN 2 Tanah Datar Irwandi, MA dalam sambutannya menyampakaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dari UIN Bukittinggi. Dengan kunjungan ini dapat memotivasi siswa untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan.
Ketua Umum HMPS ILHA yaitu Nurul Alifah pada kegiatan ini menyampaikan profil singkat program studi ilmu hadis UIN SMDD Bukittinggi. Selain itu juga mengajak kepada siswa MAN 2 Tanah Datar agar bergabung di UIN Bukittinggi. Karena Ilmu Hadis UIN Bukittinggi, tertua di Sumatera Barat.
Pemateri kegiatan ini Ilham Mustafa, MA dosen Hadis UIN Bukittinggi menjelaskan tentang urgensi mempelajari hadis. “Umat Islam diharuskan mengikuti dan menaati Allah Ta’ala dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Taat kepada Allah caranya yakni dengan mengikuti ketentuan yang tertera dalam al-Quran, baik itu berupa perintah maupun larangan-Nya. Menaati Rasul artinya mengikuti Rasulullah tentang segala perintahnya dan juga terhadap larangannya, dengan kata lain mengikuti sunnahnya.”
Karena itu pengajaran dari hadis yang diakui, harus diikuti dan diamalkan oleh umat Islam sama halnya dengan keharusan mengikuti al-Quran. Sebab hadis merupakan interpretasi (bayan) dari al-Quran. Melihat kedudukan hadis yang sangat penting, maka setiap pribadi muslim harus mempelajari hadis dan ilmunya.
Ketika kegitan berlangsung, siswa/i dari MAN 2 tanah Datar tampak antusias mendengarkan materi yang di sampaikan. Ada beberapa orang siswa/i yang bertanya terkait program ilmu hadis dan juga ada yang nampak tertarik dengan program studi ilmu hadis UIN Bukittinggi.

Leave a Reply