Living Quran : (Performasi al-Quran dalam Ruang Sosial Budaya

Prodi Ilmu al-Quran dan Tafsir FUAD IAIN Bukittinggi adakan Kegiatan Stadium General pada tanggal 19 Mei 2022 secara online melalui virtual Zoom Meeting. Acara dimulai pukul 09.00 sampai dengan 12.30 WIB. Kegiatan ini diangkat dengan tema Living Quran (Performasi al-Quran dalam Ruang Sosial Budaya) dengan pemateri Ahmad Rafiq, S.Ag., M.Ag., MA., Ph.D. (Dosen Ilmu al-Quran dan Tafsir/ Kaprodi S3 Studi Islam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Dekan FUAD Bapak Dr. H. Nunu Burhanuddin, Lc., MA, menjelaskan kegiatan ini Memberikan pemahaman kepada mahasiswa dan peserta tentang Metodologi Penelitian al-Quran dan Tafsir. serta juga membekali mahasiswa tentang metodologi, pendekatan, ruang lingkup riset, dan arah pengembangan studi al-Quran dan tafsir.

Acara ini dipandu oleh Abdul Halim, M.Ag (Dosen IAT FUAD IAIN Bukittinggi). Adapun peserta yang hadir mencapai 190 orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa IAIN Bukittinggi, juga dari peserta umum.

Kajian Living Qur’an menurut Ahmad Rafiq memiliki kekhasan tersendiri, yang beliau sebut sebagai Resepsi Al-Qur’an. Meskipun menggunakan istilah Resepsi, tetapi pemikiran Ahmad Rafiq tersebut bermuara dengan kajian living Qur’an yang telah berkembang.

Ahmad Rofiq menyatakan kajian living Qur’an bermuara pada istilah resepsi. Menurutnya ini unik karena mengungkap fakta sosial yang tidak biasa. Ia kontekstual karena dalam transmisi dan transformasinya selalu menyesuaikan diri dengan konteks sosial yang ditemui.

Leave a Reply