HMPS S2 AFI UIN Bukittinggi “Ngaji” Karya Ilmiah dan Publikasi Moderasi Beragama

FUAD UIN SJECH MUHAMMAD DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI – Mengasah kemampuan menulis dan publikasi mahasiswa S2 AFI UIN Sjech M. Djamil Djambek, HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) S2 AFI mengadakan “Ngaji Karya Ilmiah dan Publikasi Moderasi Beragama” di Cafe Sagaleh Kopi, bersama Dr. Sefriyono, S. Ag, M. Pd , Kapuslit UIN Imam Bonjol Padang, Sabtu (25/06/2022).

Pukul 08.00 WIB, acara dibuka Dr. Nunu Burhanuddin, Lc, M. Ag, selaku dekan FUAD UIN Sjech M, Djamil DJambek Bukittinggi. Nunu sangat mengapresiasi acara pelatihan karya ilmiah tersebut, untuk meningkatkan kualitas daya riset mahasiswa S2 AFI Bukittinggi. Ia juga menceritakan pengalaman riset terkait kebebasan beragama dan moderasi beragama di Sumatera Barat, yang telah memberi banyak pengalaman dalam hal riset tersebut, dengan itu ia memberikan semangat kepada mahasiswa S2 AFi Bukittinggi lebih giat lagi mendalami seluk beluk penelitian.

“Ngaji Karya Ilmiah dan Publikasi Moderasi Beragama” yang di moderatori Dr. Zulfan Taufik, MA. Hum ini memberikan kesan tersendiri bagi peserta. Cafe Sagaleh Kopi tak jauh dari lokasi kampus, dengan view gunung Singgalang menambah semangat mahasiswa S2 AFI Bukittinggi mengikuti acara, bisa disaksikan diskusi hangat yang berlangsung antara mahasiwa dan narasumber yang dihadirkan.

Peserta dan narasumber Dr. Sefriyono, S. Ag, M. Pd (baris depan nomor 2 dari kiri) foto bersama di Cafe Sagaleh Kopi dalam acara "Ngaji Karya Ilmiah dan Publikasi Moderasi Beragama"
Peserta dan narasumber Dr. Sefriyono, S. AG, M. Pd (depan nomor 2 dari kiri) dalam acara “Ngaji karya ilmiah dan Publikasi Moderasi Beragama” di cafe Sagaleh Kopi

Sebagai brainstorming di awal, Dr. Sefriyono, S. Ag, M. Pd memberikan arahan secara filosofis terkait seluk beluk penelitian dan publikasi. Memetakan peluang dan tantangan dalam riset seputar moderasi beragama terkait komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan penerimaan budaya lokal dalam konteks keminangkabauan. Sesi awal ini disudahi dengan tanya jawab peserta dan narasumber terkait artikel-artikel peserta yang telah (sedang) dibuat. Sefriyono bisa menjawab dengan gamblang dan memberikan pencerahan kepada peserta terkait dunia karya ilmiah dan publikasi di jurnal bereputasi.

Tepat setelah selesai sholat zuhur, makan dan istirahat siang, acara dilanjutkan oleh pemateri kedua, Mardian Sulistyati, Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Perempuan berdarah Palembang tersebut sudah lama malang melintang di dunia penelitian dan publikasi ilmiah, terakhir artikelnya terbit di jurnal terindeks Scopus, sekedar informasi Scopus adalah pertanda jurnal tersebut bereputasi internasional dan kelas wahid dalam dunia perjurnalan ilmiah. Narasumber yang konsen pada Gender and Sexuality dan Religious Minority ini, khusus memberikan materi tentang tools dalam menulis sebuah artikel akademik, mulai dari pra-menulis, sedang dan pasca-menulis. Intinya tools  yang tidak kurang dari 20 buah yang diperkenalkan pemateri adalah untuk memudahkan dalam proses academic writing bagi mahasiswa/i, dosen, dan researcher.

Sesi penutup HMPS S2 AFI Bukittinggi menghadirkan Dr. Syafwan Rozi, M. Ag, dosen senior UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Ia merupakan pengelola jurnal sinta 2, memberikan materi-materi teknis tentang penelitian ilmiah dan menulis artikel ilmiah.  Bagaimana mengaplikasikan teori, alat dan data dalam penulisan ilmiah, sehingga menjadi sebuah artikel ilmiah yang siap dipublikasi di jurnal internasional bereputasi. Narasumber yang satu ini juga telah publish pada jurnal Scopus dengan artikel berjudul “Local community-based disaster management’ The transformation of religious and local wisdom values in preparation to deal with natural hazards in West Sumatra, Indonesia”

Acara “Ngaji Karya Ilmiah dan Publikasi Moderasi Beragama” ini dihadiri oleh 13 orang mahasiswa S2 AFI Bukittinggi, dengan ketua HMPS Taufiqurrahman dan ketua panitia Ilham Sahruji. Kegiatan tersebut berjalan lancar dengan sokongan dana dari kampus, wujud dukungan kampus meningkatkan kualitas akademik mahasiswa-mahasiswa UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. (MF)

 

Leave a Reply